Skip to content

Management Penyimpanan Data Lokal Menggunakan Sharedpreference

Data merupakan salah satu komponen terpenting dalam software development. Tanpa adanya data, tidak ada hal yang akan disampaikan ke user meskipun sebuah aplikasi memiliki design user interface (UI) yang menawan. Pengembangan aplikasi berbasis android memiliki beberapa jenis cara penyimpanan data. Salah satu cara penyimpanan data temporary dalam pengembangan aplikasi android adalah sharedpreference. Artikel iniakan sedikit membahas bagaimana cara membuat management penyimpanan data menggunakan sharedpreferences.

SharedPreferences biasanya digunakan untuk menyimpan data sementara misalnya seperti state login pada aplikasi. Contoh pada kali ini, saya akan memberikan contoh penggunaan sharedpreferences yang di cover dalam satu kelas, sehingga tidak perlu mendeklarasikan modul sharedpreferences di masing-masing kelas yang akan menggunakan data yang tersimpan.

Kelas diatas terdapat dua method yaitu saveState() dan getState(). Methode saveState() selanjutnya akan gita gunakan untuk menyimpan data dan methode getState() digunakan untuk mengambil data yang telah disimpan.

Menyimpan data

Mengakses data

 

Untuk mempelajari modul sharedpreferences secara lebih rinci, Anda dapat mengakses https://developer.android.com/reference/android/content/SharedPreferences.html.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.